Jumat, 15 Februari 2013

Tips Meminta Naik Gaji

Naik gaji, siapa orangnya yang gak mau? Sebesar apapun nominal gaji karyawan atau pegawai, pasti berharap akan dinaikkan lagi, dan bagi bos, sekecil nominal gaji karyawan, pasti berharap tidak akan dinaikkan lagi. Itu sudah hukum alam dan naluri pegawai dan bosnya. Nah khusus untuk kamu yang berstatus karyawan atau pegawai, ada tips jitu 7 waktu yang tepat untuk meminta naik gaji sama bos :
 
1. Ketika naik jabatan
Pada umumnya di dalam suatu perusahaan, ketika pegawainya naik jabatan, biasanya secara otomatis gajipun naik tanpa harus diminta. Tapi masih banyak pula perusahaan-perusahaan yang tidak melakukannya, jabatan sudah naik, tapi gaji tidak dinaikkan, bahkan jabatan dobel, tapi gaji tidak kunjung dinaikkan. Nah jika hal tersebut terjadi terhadap diri kamu, maka gak ada salahnya kamu meminta naik gaji dengan alasan yang sangat tepat, yaitu jabatan sudah naik.

2. Ketika masa kerja sudah lama
Banyak pegawai yang sudah sekian tahun bekerja, akan tetapi gaji tidak pernah naik, jika hal ini kamu alami, maka tidak ada salahnya pula bicarakan dengan bos untuk meminta kenaikan gaji.


3. Ketika sukses mengerjakan proyek
Moment inpun tepat untuk meminta kenaikan gaji, jika kamu selesai mengerjakan suatu proyek apalagi proyek besar yang menunjang kesuksesan perusahaan, maka kamu pantas untuk berbicara mengenai kenaikan gaji kamu.

4. Ketika BBM naik
Di dalam suatu Negara, jika bahan bakar minyak (BBM) naik, biasanya serta merta semua kebutuhan akan naik, mulai dari angkutan umum, sembako, dan kebutuhan lainnya secara otomatis akan ikutan naik dengan alasan transportasi pengangkutnya naik. Dengan alasan serba naik tersebut sangat tepat untuk berbicara dengan bos kamu tentang peng-upgrade-an gaji kamu.

5. Ketika baru memiliki bayi
Bayi merupakan anggota keluarga baru yang secara langsung menambah semua biaya baru yang menyangkut kebutuhan si bayi. Dengan alasan tersebut, masuk akal jika kamu memohon pertimbangan kepada bos untuk ditambah gajinya.

6. Ketika kondisi keuangan perusahaan naik
Sebelumnya kamu kenali terlebih dahulu ciri-ciri perusahaan yang sedang naik kondisi keuangannya. Kalau perusahaan sedang naik kondisi keuangannya biasanya : stock barang produksi selalu habis dan speed produksi lumayan kencang, melakukan belanja invesatasi yang cukup signifikan. 

Namun ciri-ciri tersebut belum tentu juga kalau kondisi perusahaan kamu sedang untung, oleh karena itu kamu wajib menanyakan dua hal yaitu : pertama, tanyakan sama orang yang dekat dengan kamu yang mengetahui kondisi penjualan perusahaan (teman marketing), karena bisa jadi barang cepat habis hanya pindah gudang saja. Yang kedua, lobilah bagian keuangan perusahaan dan menanyakan kondisi keuangan perusahaan, apakah belanja investasi yang signifikan tersebut memang uang dari keuantungan perusahaan atau jangan-jangan perusahaan meminjamnya dari bank untuk mendukung produktifitas perusahaan. 

7. Ketika mendapat tawaran bekerja di tempat lain
Nah kondisi yang satu ini sarat dengan resiko tinggi, jika kamu mendapat tawaran pekerjaan yang baru di tempat lain, karena jika kamu membicarakan kenaikan gaji dengan alasan mendapat tawaran pekerjaan di tempat lain yang lebih tinggi, maka ada dua kemungkinan yang diputuskan bos, jika kamu dianggap dibutuhkan dan dari segi pekerjaan bagus, maka dipastikan kamu akan dinaikkan gajinya, dan jika menurut bos kamu biasa-biasa saja apalagi banyak yang bisa menggantikan posisi kamu kalau kamu tidak ada, maka siap-siap untuk dikeluarkan hari itu juga.
 
Catatan :
Yang harus kamu ingat adalah : jika kamu ingin membicarakan kepada bos kamu untuk meminta kenaikan gaji kamu, lihatlah situasi dan kondisi psikologi bos kamu. Jangan sampai bos sedang dalam keadaan pusing atau sedang mengalami masalah besar, kemudian kamu meminta naik gaji, karena hal tersebut akan menambah pusing bos dan kamu akan gagal naik gaji.

     Demikian tips dari saya, semoga kamu bisa memposisikan diri untuk meminta kenaikan gaji sehingga kamu selamat dari respond negative dari bos kamu, dan kamu akan lebih sejahtera dalam beribadah menafkahi semua kebutuhan keluarga.
 

Semoga Terinspirasi...! 

10 komentar:

wiih,,,info menarik kawan..
nice posting..

Hary...
thank you kunjungannya...!

wah cocok ini. . hehehe makasih udah share gan

Wah bagus sekali mas infonya...
thanks juga sudah berkunjung di blog ane..

wah, keren sob.... thanks sudah share

• Muhammad Jamaludin
• dindin amel
• Jejak Sang Cucu
• Darmawan Saputra
• Blogging Tips

Thank you kunjungannya...!

wah sangat bermanfaat kawan,... makasih

Kang Suhar•••••••
Ya kang sama-sama...!

Posting Komentar

Silahkan berkomentar yang membangun dan penuh inspirasi :

 
back to top