Selasa, 15 Januari 2013

Sikap hidup bertetangga


وَاعْبُدُوا اللَّهَ وَلَا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا ۖ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا وَبِذِي الْقُرْبَىٰ وَالْيَتَامَىٰ وَالْمَسَاكِينِ وَالْجَارِ ذِي الْقُرْبَىٰ وَالْجَارِ الْجُنُبِ وَالصَّاحِبِ بِالْجَنْبِ وَابْنِ السَّبِيلِ وَمَا مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ ۗ إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ مَنْ كَانَ مُخْتَالًا فَخُورًا
 

Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapa, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri,

Dari ayat tersebut menjelaskan bahwa kita sebagai makhluk Allah tuhan semesta alam kita diwajibkan untuk berbuat kebaikan bukan saja kepada Allah SWT tuhan semesta alam atau hablumminannas, akan tetapi kita juga diwajibkan untuk berbuat baik kepada sesama atau disebut Hablumminannas, pada siapa saja kita harus berbuat kebaikan? dari ayat di atas dijelaskan bahwa kita harus berbuat baik kepada :
1. Orang tua, 
2. Keluarga dekat (kerabat), 
3. Anak Yatim, 
4. Fakir Miskin, 
5. Tetangga dekat dan jauh, 
6. Teman sejawat, 
7. Ibnu Sabil, dan 
8. Hamba Sahaya. 

Dari kedelapan poin tersebut, yang sering kita bermasalah adalah poin no 5 yaitu Tetangga. Sering kali kita hidup bertetangga mengalami konflik dengan beragam permasalahan yang dialami, oleh karena itu bagaimanakan supaya kita tidak bermasalah dengan tetangga dan hidup damai berdampingan dengan tetangga tanpa melihat asal usul, agama, suku ras dan lain-lain?   
Berikut di bawah ini untuk mencegah agar kita hidup rukun dengan tetangga :

1. Memaklumi Perbedaan
Perbedaan dalam bertetangga merupakan hal tidak bisa dihindari diantaranya yaitu perbedaan asal usul, agama, suku ras dan lain-lain, oleh karena itu kita harus memahami dan harus siap menerima perbedaan dari tetangga kita jika ingin hidup harmonis, dan jika tidak mau menerima perbedaan, maka jangan berharap keharmonisan tersebut akan ada.


2. Saling Menghormati
Saling menghormati antartetangga merupakan sikap yang sangat penting dalam membangun hubungan baik dengan tetangga. Bagaimnakh bersikap saling menghormati dengan tetangga? Jawabannya yaitu :

- Bersikap saling mawas diri 
Jangan sesekali menjelek-jelekkan tetangga sementara diri sendiri tidak pernah dipikirkan baik atau buruknya.

- Menghormati hak-hak tetangga
Berbicara hak, kita harus mengedepankan hak orang lain dalam hal ini tetangga, mereka memiliki hak yang harus kita hormati diantaranya : Mereka berhak mendapatkan kenyamanan dalam hidupnya (berikan jalan yang cukup untuk keluar masuk mereka, potong tanaman kita jika mengganggu mereka, perhatikan kotoran dan tingkah laku binatang peliharaan kita agar tidak mengganggu kenyamanan mereka, bantulah mereka jika membutuhkan pertolongan, hibur mereka jika dirundung sedih, ucapkan selamat jika mendapatkan kesenangan)

- Bersikap Baik
Sikap baik terhadap tetangga sangat diperlukan yaitu harus selalu ramah, bertegur sapa, bersikap sopan, saling membantu dalam urusan tetangga, senang memberikan bantuan baik berupa materil atau spirituil dan saling sabar dalam menghadapi permasalahan dalam bertetangga.

- Menjaga Perasaan
  Dalam hidup bertetangga untuk saling menjaga perasaan adalah sikap yang sangat penting dalam menjaga keharmonisan bertetangga.  Dengan menjaga perasaan, saling kasih, saling hormat akan menumbuhkan rasa persaudaraan bahkan melebihi saudara kandung sendiri, dan itulah yang diharapkan.

 Demikian sikap bertetangga yang diajarkan oleh agama islam, semoga kita semua menjadi tetangga yang selalu dinantikan kehadirannya di sisi masyarakan.




Semoga Terinspirasi...!

4 komentar:

Sangat bermanfaat mas postingannya, salam kenal.

Bisa Jadi panutan Hidup nie gan

nice artikel sob....lanjutin truz ngeblognya ^_^

setuju, hubungan yg baik agar kita rukun

Posting Komentar

Silahkan berkomentar yang membangun dan penuh inspirasi :

 
back to top