Sabtu, 13 April 2013

Cara Mendesain Baju dengan FreeHand

Seperti telah kita ketahui bahwa di era sekarang ini banyak sekali perkumpulan-perkumpulan kecil ataupun besar memakai seragam dengan beraneka desain busana, tentu ada yang menarik dan ada pula yang kelihatan tidak menarik.

Kali ini saya postingkan cara mendesain busana dan contoh-contoh desain busana yang siapa tahu sobat Inspiration 7 membutuhkan, entah untuk seragam geng nongkrong kamu, untuk perkumpulan olah raga, atau untuk divisi kamu di dalam perusahaan kamu.


Memakai baju dengan hasil desain sendiri tentunya akan memiliki keunikan tersendiri bila dibandingkan dengan memakai baju dengan hasil desain pabrikan, disamping puas menentukan model dan warna sesuai keinginan kita, juga puas dengan hasil kreasi sendiri. 

Untuk mendesain baju, bisa dilakukan dengan aplikasi Corel Drow, bisa dengan Adobe Photoshop, bisa juga dengan Macromedia FreeHand, bahkan ada juga yang menggunakan aplikasi khusus. Kali ini saya akan mengajak sobat
Inspiration 7 untuk mendesain baju dengan Macromedia FreeHand.
Langsung saja…!

1. Buka aplikasi Macromedia FreeHand.
2. Buat jendela kerja baru.
3. Pilih Pen Tool yang berada di Tool Box.
Gambar-01 Tool Box
4. Mulai menggambar sesuai dengan keinginan imajinasi sobat dengan cara mengklik satu titik ke titik yang lainnya hingga menyerupai desain baju yang anda inginkan.
Gambar-02

5. Buat variasi di lengan kanan seperti gambar-03.
Gambar-03

6. Pilih menu Edit—Copy dan Paste untuk membuat variasi lengan sebelah kiri. Setelah muncul copyan gambar variasi yang dari lengan kanan tadi, lalu pilih menu Window—Transform. Lihat gambar-04.
Gambar-04
7. Setelah klik Transform maka akan muncul kotak dialog seperti gambar-05, isi kotak isian Reflect axis dengan angka 90 kemudian klik Reflect. Kemudian letakkan variasi lengan kiri tersebut ke sebelah kiri. Lihat gambar-06.
Gambar-05
Gambar-06
8. Buatlah krah sesuai dengan keinginan imajinasi sobat dengan cara mengklik satu titik ke titik yang lainnya hingga menyerupai desain krah yang anda inginkan. Lihat gambar-07.
Gambar-07
9. Buatlah desain tempat kancing dengan keinginan imajinasi sobat dengan cara mengklik satu titik ke titik yang lainnya hingga menyerupai desain tempat kancing yang sobat inginkan. Lihat gambar-08.
Gambar-08

Untuk membuat gambar kancing, pilih Ellipse Tool yang berada di Tool Box. Lihat gambar-09.
Gambar-09
Untuk membuat gambar kancing yang banyak, lakukan copy dan paste lalu letakkan dan susun sesuai keinginan sobat. Lihat gambar-10.

Gambar-10
10. Buatlah desain variasi bahu atas sesuai dengan keinginan imajinasi sobat dengan cara mengklik satu titik ke titik yang lainnya hingga menyerupai desain variasi bahu yang anda inginkan. Lihat gambar-11.
Gambar-11
11. Untuk membuat variasi bahu atas kiri, lakukan langkah-langkah seperti langkah 05, 06, dan langkah 07 diatas, sehingga seperti pada gambar 12.
Gambar-12
12. Buatlah desain variasi lengkung depan sesuai dengan keinginan imajinasi sobat dengan cara mengklik satu titik ke titik yang lainnya hingga menyerupai desain variasi lengkung depan yang anda inginkan. Lihat gambar-13.
Gambar-13
13. Setelah selesai semua desain baju, sobat dapat melakukan pewarnaan dengan cara, pilih menu Window—Color Mixer untuk mencari warna yang diinginkan. Lihat gambar 14.

Gambar-14
Setelah memilih menu Window—Color Mixer maka akan muncul kotak dialog. Lihat gambar 15.

Gambar-15
14. Setelah warna yang sobat inginkan sudah dapat, pilih menu Window—Swatches. Lihat gambar 16.

Gambar-16

Setelah memilih menu Window—Swatches maka akan muncul kotak dialog. Lihat gambar 17, seret atau drag warna merah yang berada di Mixer color yang berada di gambar 15 ke dalam Swatches Color  yang berada di gambar 17.
Gambar-17
15. Setelah warna dari Mixer Color tersebut sudah masuk ke dalam Swatches Color, lalu tinggal mengaktifkan (klik) objek yang akan diberi warna kemudin klik warna yang berada di dalam Swatches Color.

Selesai


Contoh hasil pewarnaan hitam dan merah.



Contoh hasil pewarnaan hitam dan merah yang sudah sempurna.


Sobat dapat mencoba dengan desain dan warna yang lain sesuai keinginan sobat.

Semoga terinspirasi…!

2 komentar:

Ali Musiri•••••••
Oke silahkan dan makasih kunjungannya...!

Posting Komentar

Silahkan berkomentar yang membangun dan penuh inspirasi :

 
back to top